Donat Kampung

Entah kenapa donat ini disebut donat kampung, saya pun g ngerti kenapa.
apa mungkin karena namanya yang bisa bikin orang tertarik dengan sebutan
kampung kali ya....secara dari bahan sama saja seperti donat lainnya. tapi soal
rasa dan teksturnya g kampungan lho...saya coba untuk membuatnya dengan
cara saya sendiri. dengan melelehkan margarin, karena sering kali jika margarin
utuh dicampur maka adonan ada sedikit gumpalan yang bikin pegel ngulenin
tapi g kalis2.

Maka disini saya coba dengan trik lelehkan margarin dan telurnya pun dikocok
lepas inipun memudahkan pengadonan, Alhamdulillah ternyata bisa kalis tanpa
ada adonan yang menggumpal rasanya puas bereksperimen dengan cara ini. dan
sekarang saya lebih mengerti lagi jika membuat adonan semacam roti atau donat,
raginya dicampur dengan air hangat kemudian biarkan sampai berbusa, cara ini
saya contek dari mba nikmatul dan teh Ricke Indriani. waktu copas bikin sweet
Roll Bun dan bikin Pizza. ilmu ini sungguh luar biasa buat saya karena tidak bisa
didapatkan dengan mudah, semua penuh perjuangan, kegagalan adalah proses dari
awalnya suatu keberhasilan. jadi jangan mudah menyerah ya...


Bahan-bahan :
  • 250 gr terigu cakra
  • 25 gr susu bubuk full cream(1/2 sachet susu bubuk dancow)
  • 50 gr gula halus
  • 2 butir kuning telur kocok lepas
  • 50 margarin cairkan
  • 1 dst fermipan
  • 105 ml air hangat

Cara membuatnya :
1. campur air hangat dan fermipan diamkan 15 menit hingga berbusa.
2. campur dalam wadah terigu, gula halus, susu bubuk, kuning telur,
margarin dan fermipan yang sudah berbusa, aduk sampai semua tercampur
rata dan kalis, saya gunakan waktu kurleb 15 menit utk menguleni adonan
donat ini hingga kalis elastis. setelah itu bulatkan adonan dan biarkan selama
satu jam tutup dengan kain lembab.
3. setelah adonan mengembang 2x lipat kempiskan adonan, dan bagi rata adonan
dan dan bentuk sesuka hati biarkan 10 menit kemudian goreng dengan api sedang.

Note :
kalo bisa ada dua wajan utuk menggoreng ini. karena donat ini identik cepat
hangus kulitnya. utk mensiasatinya menggunakan minyak tidak boleh panas. agar
warna kulit donatnya kuning tapi matang didalamnya.ini berdasarkan pengalaman
saya.donat ini empuk hingga keesokan harinya, rasanya enak karena margarinnya
dilelehkan terlebih dahulu.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bakso Ikan Tuna

Rolade Ikan Tuna

Resep Semur Oncom